Anak Milenial Wajib Baca, Tips Jitu Mengatur Keuangan Agar Kantong Tidak Jebol

Infonesia.id- Anak muda alias kaum milenial sangat sulit untuk mengatur keuangan, disebabkan karena sering nongkrong yang membuat kantong jadi jebol. Padahal, jika uang tersebut digunakan dengan baik, tentu pengeluaran tidak akan membengkak, apalagi jika masih mengharapkan uang jajan dari orang tua, ataupun penghasilan yang masih pas-pasan.

Infonesia bakal memberikan tips jitu bagaimana cara berhemat yang baik dan benar untuk anak muda. Yuk disimak.

1. Catat pengeluaran harian

Anak muda harus mengetahui alur uang masuk dan terutama uang keluar, yang digunakan untuk apa saja. Anda harus mencatat pengeluaran dan pemasukan harian anda. Tentunya bisa menggunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia, atau dicatat di handphone ataupun buku. Dengan begitu anda tidak akan panik jika uang anda ternyata lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

Tentunya, sedikit demi sedikit penghematan keuangan akan terjadi, karena anda tidak akan dengan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting.

2. Tata rumah anda, dan temukan hal yang bisa dijual

Jika rumah anda sudah over barang-barang, sehingga terlihat semak dan berantakan akibat sering belanja sana sini. Mulai tata kembali rumah anda, dan pasti anda akan menemukan barang yang tidak anda pakai atau tidak digunakan lagi. Jual barang tersebut, sehingga kembali mendapatkan pemasukan dan rumah anda kembali rapi.

3. Tabung uang pecahan anda

Uang pecahan memang terlihat kecil secara nominal. Namun, jika anda rajin menabung tentunya secara nominal akan bertambah banyak. Dan itu bisa dijadikan sebagai pemasukan yang tak terduga untuk anda.

4. Masak di rumah

Terlalu sering makan diluar bisa membuat kantong anda jebol secara perlahan, apalagi mentraktir teman-teman. Sebaiknya jangan terlalu sering nongkrong diluar dan biasakan masak di rumah, sehingga lebih hemat secara finansial.

5. Jangan terburu-buru membeli barang

Jika anda bernafsu untuk membeli barang baik itu melalui online atau langsung ketokonya, sebaiknya jangan terburu-buru. Dilihat, apakah barang yang akan anda beli bermanfaat untuk anda, dan seringkah digunakan? Jika tidak, sebaiknya anda tunda atau jangan membeli barang, yang secara pemakaian tidak anda perlukan.

Itu dia ya gaes tips nya semoga bermanfaat.