Tips Jitu Tidur Cepat, Bangunpun Berkualitas, Boleh Dicoba

Infonesia.id- Tak sedikit orang mengalami sulit tidur malam alias insomnia. Sulit tidur bisa membuat keesokan harinya akan terasa kurang semangat untuk beraktivitas, selain itu jika lama kelamaan dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan.

Infonesia akan memberikan tips untuk tidur cepat, cukup dan berkualitas yang dihimpun dari berbagai sumber. Yuk disimak.

1. Matikan seluruh perangkat elektronik

Jika dilanda insomnia, biasanya seseorang akan melaksanakan aktivitas baik itu menonton televisi, melihat handphone atau Tablet. Sebaiknya hal ini dihindari, dengan cara mematikan seluruh perangkat elektronik anda paling tidak 1 jam sebelum tidur. Ingat cahaya hp maupun televisi bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga tidur pun tidak akan maksimal dan berkualitas.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat terbukti membuat tubuh menjadi bugar dan segar, sehingga hal ini akan membantu anda untuk tidur lebih cepat.

3. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi lemak

Sebelum tidur jangan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, karena anda akan susah tidur. Hal ini disebabkan tubuh akan bekerja keras untuk memecah lemak.

4. Tidur di jam yang sama tiap malam

Disiplin tidur adalah cara efektif agar anda saat terbangun dalam kondisi fit. Caranya cukup tidur dan bangun di jam yang sama, agar tubuh pun terbiasa mengikuti pola yang anda bangun.

5. Latihan pernapasan

Cara melatih pernapasan adalah dengan tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, lalu buang napas pelan-pelan melalui mulut dengan delapan hitungan. Hal ini dilakukan sebanyak empat kali ya, dan lakukan sebelum tidur.

Yang harus diingat jika masih mengalami sulit tidur, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter, agar penanganannya bisa lebih tepat.