Tips Aman Belanja Online, Dijamin Jauh dari Penipuan

Infonesia.id- Pada tahun sebelum adanya internet, biasanya masyarakat melangsungkan kegiatan belanja secara langsung dan pembayaran juga dilakukan secara tunai.

Pada zaman sekarang ini, dimana teknologi semakin canggih, belanja apapun hanya dengan online, maka barang yang kita butuhkan akan sampai ke rumah anda. Namun, belanja online juga bisa terkena penipuan seperti barang tidak sampai padahal kita sudah mentransfer sejumlah uang.

Infonesia bakal memberika tips belanja online agar tidak mudah tertipu dan aman. Yuk disimak.

1. Baca syarat dan ketentuan

Biasanya seluruh toko online mempunyai syarat dan ketentuan setiap kali pembeli belanja produk. Nah, disini anda harus jeli dan membaca hal tersebut. Contohnya adalah berapa lama garansi dan pengembalian produk jika produk tersebut rusak saat sampai di rumah anda.

2. Ulas produknya

Mengulas produk yang dibeli akan sangat penting jika ingin membeli barang. Lihat spesifikasinya hingga foto yang dipajang, untuk meyakinkan anda apakah barang tersebut cocok dengan yang anda beli.

3. Lihat reputasi penjual

Dalam belanja online, reputasi penjual sangat penting, karena akan menentukan apakah penjual tersebut bisa dipercaya atau tidak. Hal ini bisa dilihat dari testimoni apakah negatif atau positif, status toko, dan sejak kapan toko berdiri.

4. Hindari transfer langsung

Untuk melakukan transaksi, sebaiknya pilih platform marketplace yang saat anda melakukan pembayaran akan ada pihak di tengah-tengah antara penjual dan pembeli.

Biasanya pihak e commerce akan mentransfer uang, jika si penjual sudah mengirimkan barang dan diterima oleh si pembeli.

5. Cek harga

Hati-hati jika mendapatkan promo dengan harga murah, karena ini biasanya adalah jebakan si penjual. Sebaiknya anda harus membandingkan harga produk yang sama dengan toko yang lain. Jika harga masuk akal dan sedikit lebih murah, silakan anda membelinya karena masih termasuk hal yang wajar.

6. Simpan bukti pembayaran

Jika sudah melakukan transaksi pembayaran. Alangkah baiknya anda menyimpan bukti pembayaran. Hal ini dilakukan agar mempunyai bukti jika ada hal-hal tidak diinginkan terjadi.

7. Cek paket dan hapus jejak data

Jika paket sudah sampai di tangan anda, segera periksa untuk memastikan barang yang anda beli sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu, jangan buang data-data pribadi anda ke tempat sampah. Kertas berisi data diri anda sebaiknya dihancurkan atau digunting agar lebih aman.

8. Perangkat yang anda gunakan aman

Dalam belanja atau bertransaksi online, pastikan anda menggunakan HP maupun lapto pribadi. Hal ini agar keamanan lebih terjamin, ketimbang anda memesan melalui perangkat umum seperti warnet.