Profil Ki Manteb Sudharsono, Dalang Pancen Oye yang Pernah Bikin Rekor Mendalang 24 Jam 28 Menit

Infonesia.id- Kabar duka untuk masyarakat Indonesia. Ki Manteb Sudharsono yang dikenal sebagai dalang senior, meninggal dunia, Jumat (2/7/2021), karena terpapar Covid 19.

Infonesia bakal memberikan informasi profil dari Ki Manteb Sudharsono. Yuk disimak.

Lahir di Sukoharjo 31 Agustus 1948, Ki Manteb Sudharsono merupakan dalang wayang kulit yang sangat disegani, hingga dijuluki sebagai dalang setan karena kelihaian dan kecepatannya memainkan wayang kulit.

Ki Manteb sejak kecil sudah fokus menjadi seorang dalang. Dirinya pernah belajar pada dalang legendari Indonesia yakni Ki Sudarman Gondodarsono dan Ki Narto Sabdo.

Kakek 14 cucu ini memiliki ciri khas pertunjukan yakni sabet alias seni memainkan wayang dengan cara menggerakkannya.

Popularitas Ki Manteb semakin moncer pasca tahun 1987 menggelar pertunjukan wayang ‘Banjaran Bima’ yang diadakan sebulan sekali selama setahun penuh di Jakarta. Pertunjukan wayang Bima yang dikenal sebagai tokoh Pandawa ini, digelar sebanyak 12 episode.

Ki Manteb pada tahun 2004 pernah memecahkan rekor mendalang selama 24 jam 28 menit tanpa berhenti. Karena kontribusinya terhadap kelestarian kebudayaan Indonesia dalam hal budaya wayang kulit, tahun 2010 Ki Manteb mendapat penghargaan Nikkei Asia Prize Award.

Ki Manteb juga pernah bermain di iklan salah satu obat sakit kepala yang terkenal dengan slogan ‘Pancen Oye’.