Profil Ganjar Pranowo, Berawal dari Pengacara Hingga Menjadi Gubernur Jawa Tengah

Infonesia.id- Baru-baru ini publik dihebohkan dengan pemberitaan Ganjar Prabowo tidak diundang di kegiatan PDIP di Jawa Tengah. Padahal, Ganjar adalah kader PDIP dan juga GUbernur Jawa Tengah.

Infonesia bakal memberikan profil Ganjar Pranowo yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk disimak.

Ganjar Pranowo merupakan anak kelima dan enam bersaudara dari pasangan Parmuji Pramudia Wiyo dan Suparmi. Ganjar lahir di Karang Anyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968.

Ayah Ganjar merupakan seorang polisi yang memiliki jiwa disiplin dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Masa kecilnya, Ganjar bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo, Jawa Tengah.

Setelah lulus SMP, Ganjar melanjutkan sekolah di Yogyakarta, yakni SMA BOPKRI. Kemudian Ganjar pun meraih gelar sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sebagai Sarjana Hukum.

Setelah wisuda, Ganjar menjadi pengacara dan memiliki kantor hukum sendiri dan pernah menjadi konsultan SDM di PT Prastawana Karya Samitra. Kemudian Ganjar pun melanjutkan karirnya di bidang politik.

Ganjar masuk ke PDI Perjuangan dan menjadi kader. Tahun 2019-2014, Ganjar pun melenggang ke Senayan dan berada di Komisi yang membidangi masalah hukum. Tercatat, Ganjar merupakan panitia hak angket kasus Bank Century.

Pada tahun 2013, Ganjar maju sebagai Cagub Jawa Tengah berpasangan dengan Heru Sudjatmoko. Akhirnya Ganjar pun menang di Pilgub Jateng dan terpilih sebagai Gubernur Jateng 2013-2018.

Di periode kedua, Ganjar kembali maju sebagai calon gubernur. Karena popularitasnya yang tinggi dan dekat dengan masyarakat, Ganjar akhirnya terpilih kembali sebagai Gubernur Jawa Tengah untuk kali kedua.

Saat ini diberbagai lembaga survei, Ganjar masuk menjadi Calon Presiden Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Itu dia profil singkat Ganjar Pranowo. Semoga bermanfaat.