Pasca Diputuskan Sebagai Laki-laki, Nama Aprillia Manganang Bakal Berubah

Infonesia.id- Nama Aprilia Manganang akan diubah usai dipastikan sebagai laki-laki. Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kelainan yang dialami Aprilia baru diketahui baru-baru ini oleh Pangdam Manado. Akhirnya pada 3 Februari 2021, Andika dan jajarannya sengaja memanggil Manganang untuk menjalani pemeriksaan medis di RSPAD.

Setelah melakukan pemeriksaan dan mendapatkan hasil rekam medis, diketahui hormon testosteron Manganang lebih tinggi, tak hanya itu di dalam organ dalamnya pun tak ada organ tubuh yang mestinya dimiliki wanita.

“Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan apa yang diinginkan,” kata Andika saat jumpa pers di Mabesad, Jakarta, Selasa (9/3).

Perubahan nama ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan. Saat ini, perubahan nama Aprilia tengah diajukan di Pengadilan Negeri Tondano.

Pada kesempatan sama, Aprilia mengaku bersyukur usai jenis kelaminnya dipastikan laki-laki. Ia juga tak lupa berterimakasih kepada segenap pihak yang telah membantunya.

“Ini momen yang sangat saya tunggu Bapak. Saya bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini dan saya sangat bersyukur Tuhan pakai Bapak dan Ibu untuk mempertemukan saya,” kata Aprilia.

“Saya berterima kasih kepada dokter yang sudah membantu saya. Saya sangat bahagia selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya, dan akhirnya tahun ini bisa tercapai,” ucap Aprilia yang berpangkat Sersan Dua TNI ini.

Aprilia telah memutuskan pensiun dari dunia voli pada 11 September 2020. Tercatat, selain tampil di ajang Proliga, Aprilia pernah membela Timnas Voli Indonesia untuk ajang SEA Games dan Asian Games.

sumber: kumparan.com