Pemuda Asal Madiun Diamankan Diduga Sebagai Hacker Bjorka, Polisi: Belum Disimpulkan, Masih Didalami Timsus

Infonesia.id- Seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur, diamankan polisi atas dugaan sebagai hacker Bjorka yang membuat publik heboh karena membocorkan informasi pribadi pejabat publik, dan juga data penting negara.

Sebagai upaya untuk mengidentifikasi dan menangkap dalang dibalik peretasan yang dilakukan oleh hacker yang menamai dirinya sebagai Bjorka, Presiden Joko Widodo segera menunjuk instansi pemerintahan terkait untuk membentuk tim khusus.

Tim khusus yang diantaranya terdiri dari Polri, BIN, BSSN, Kominfo juga Kemenko Polhukam tersebut, sebelumnya menyebutkan telah berhasil mengidentifikasi identitas asli dari hacker Bjorka.

Seorang pemuda asal Madiun, Jawa Timur yang diduga merupakan sosok asli hacker Bjorka berhasil diamanakan oleh tim khusus tersebut.

Kemudian, beredar informasi bahwa Polri telah melakukan tindakan salah tangkap terhadap pemuda tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Polri melalui Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo akhirnya angkat bicara.

Dedi menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya bersama tim khusus bentukan Presiden Jokowi tersebut masih melakukan pendalaman terkait informasi tersebut.

“Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja semuanya Timsus,” ujar Dedi kepada wartawan, Kamis (15/9/2022).

Hingga saat ini, menurutnya masih belum dapat disimpulkan apakah pemuda tersebut benar hacker Bjorka atau bukan, karena masih dalam tahap pemeriksaan.

“Belum disimpulkan seperti itu karena masih didalami timsus,” tambahnya.

Untuk kesimpulan terkait pengamanan pemuda asal Madiun tersebut, lanjutnya akan disampaikan oleh Menko Polhukam, Mahfud MD agar lebih komprehensif.

“Yang di Jawa Timur yang saat ini sedang didalami oleh timsus. Kita sabar menunggu timsus bekerja biar nanti disampaikan pak Menkopolhukam lebih komprehensif,” tandasnya.