Diduga Gelapkan Uang Donasi Masyarakat, ACT Terpantau Batasi Komentar Netizen di Instagram

Infonesia.id- Publik tengah dihebohkan dengan berita Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang diduga melakukan penggelapan dana donasi dari masyarakat.

Karena viralnya pemberitaan tersebut, ACT menutup kolom komentar pada akun Instagramnya.

Melihat akun Instagram @actforhumanity pada Senin (4/7/2022), tidak ada pilihan komentar pada setiap unggahannya. Meskipun ada, komentar pun tampak dibatasi.

Kendati begitu, ACT masih aktif mengunggah Stories. Terpantau ACT mengunggah stories sekitar pukul 20.30 WIB.

Tindakan ACT itu diketahui oleh seorang warganet, Makmun Rasyid. Ia menilai ACT tidak perlu menutup kolom komentar apabila tidak merasa melakukan penggelapan dana donasi.

“Komen mulai dibatasi dan post-nya mulai banyak yang di-skip komentarnya. Jika merasa tidak ada masalah dengan berbagai isu, seharusnya dibuat normal saja akunnya,” kata Makmun melalui akun Twitternya @Makmun_Rasyid pada Senin.

“Apa karena juga ada aspek yang sudah naik ke tahap penyelidikan? Hehe,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan berdasarkan laporan majalah Tempo, lembaga kemanusiaan ACT diduga menyalagunakan anggarannya untuk kepentingan pribadi pimpinannya.

Diduga saat Ahyudin menjabat Presiden ACT memperoleh gaji Rp250 juta setiap bulan, sementara posisi di bawahnya seperti senior vice president digaji Rp200 juta per bulan, vice president Rp80 juta, dan direktur eksekutif Rp50 juta.

Selain itu, masih berdasarkan laporan majalah Tempo, Ahyudin saat menjabat sebagai President ACT difasilitasi tiga kendaraan mewah seperti Toyota Alphard, Mitsubishi Pajero Sport, dan Honda CRV.