Patung Letjen Djamin Ginting Berdiri Tegak di Medan

Infonesia.id, Medan- Wali Kota Medan, M Bobby Afif Nasution, meresmikan patung Pahlawan Nasional Letjen Djamin Ginting, di Jalan Djamin Ginting, Km 0 Medan, Selasa (28/6/2022).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol pelepasan kain selubung penutup patung, serta penandatanganan prasasti oleh Bobby Nasution didampingi putri Almarhum Djamin Ginting, Riahna Ginting, Ketua Yayasan Jamin Ginting Letjen (Purn) Amir Sembiring, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, mewakili Gubernur Sumut, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Ketua DPRD Medan Hasyim serta unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan.

Bobby mengatakan, kehadiran patung itu sangat baik bagi masyarakat. Sejarah perjalanan hidup Djamin Ginting yang bergerak dari Tanah Karo masuk ke Kota Medan hingga membanggakan Sumatera utara.

“Kiprah beliau sampai membanggakan NKRI. Hal ini tentunya menjadi penyemangat bagi masyarakat Kota Medan,” katanya.

Nama Djamin Ginting, kata Bobby, sudah sering didengar dan disebutkan. Bahkan, menjadi salah satu nama jalan di Kota Medan dan merupakan salah satu jalan terpanjang.

“Hari ini, masyarakat dapat melihat sosok Djamin Ginting melalui patung yang kita resmikan ini,” kata Bobby.

Bobby ingin, seluruh masyarakat khususnya Kota Medan dapat memedomani kiprah Djamin Ginting untuk bangsa dan negara serta apa yang di cita-citakan oleh Yayasan dan keluarganya.

“Terima kasih karena telah memberikan patung Djamin Ginting ini kepada Pemko Medan. Kami akan menjaganya. Bukan hanya bentuk fisiknya, tetapi juga bentuk cerita sejarah dan semangatnya, sehingga dapat diceritakan dan disebarkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya putri Jamin Ginting, Riahna Ginting, mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan yang telah menyetujui berdirinya patung Djamin Ginting.

“Patung Pahlawan Nasional Djamin Ginting akan kami serahkan kepada Pemko Medan dan menjadi aset untuk dikelola dengan baik,” ujar Riahna. (rom/infonesia)