Heboh Bidan Joget Dihadapan Ibu Hamil yang Lagi Kontraksi, IBI: Jika Benar, Ini Tidak Sesuai dengan Kode Etik

Infonesia.id- Baru-baru ini viral oknum diduga bidan joget TikTok saat tangani ibu hamil yang sedang kontraksi.

Hal ini membuat Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dr. Emi Nurjasmi, M.Kes buka suara terkait video tersebut.

Ia mengatakan, pihaknya sedang mendalami laporan dan menelusuri siapa bidan dan dimana ia melakukan praktik medisnya untuk dimintai keterangan.

“Ini saya berdasarkan laporan itu, saya lagi mengumpulkan informasi minta laporan dari teman-teman, ini dari mana orangnya. Ini akan kita telusuri,” ujar dr Emi, Jumat (17/6/2022).

Selanjutnya jika sudah diketahui siapa oknum bidan tersebut, ia akan meminta penjelasan kondisi sebenarnya mengapa konten tersebut dibuat.

“Karena banyak video TikTok yang diedit, jadi kami nggak bisa berkomentar dulu sebelum punya data dan informasi ini kejadiannya seperti apa,” ungkapnya.

Namun jika benar adanya, seperti dugaan banyak warganet, bidan terbukti membuat konten video di tengah proses persalinan ibu hamil, maka dipastikan tindakan tersebut melanggar kode etik.

“Tapi jika memang seperti itu kejadiannya, kita punya standar etika, itu tidak sesuai dengan kode etik saat kita melayani pasien,” tutup dr. Emi.

Sebelumnya, viral di media sosial tiga orang yang diduga bidan joget di depan pasien ibu hamil yang akan melahirkan. Aksi ini menuai kecaman warganet yang menganggap perilaku tenaga kesehatan (nakes) ini tidak beretika.