Bayi Kembar Siam Lahir di Kisaran, Kini Dirujuk ke RSUP H Adam Malik

Infonesia.id, Asahan- Bayi kembar siam asal Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, yang lahir di RSU Bunda Mulia Kisaran, pada Selasa (7/6/2022), telah dirujuk ke RSUP Adam Malik.

Direktur RSU Bunda Mulia, dr Binsar Sitanggang mengaku orang tua dari anak kembar siam tersebut merupakan warga yang kurang mampu.

Pasalnya, dalam perawatan rumah sakit, pihak keluarga belum membayar biaya persalinan dan juga tidak memiliki BPJS.

“Berdasarkan dari keterangan dokter yang menangani, dr Tunggul Simanjuntak, dari control yang dilakukan sudah ketahuan bahwa anak tersebut mengalami kembar siam dan dianjurkan untuk lahiran di Medan,” kata Binsar.

Namun, karena keterbatasan dana, pihak keluarga membawanya ke rumah sakit Bunda Mulia Kisaran, dengan lahir secara bedah ceasar.

“Karena sifatnya rumah sakit ini sosial menangani pasien, maka kami tangani langsung. Karena orang tua si anak tidak memiliki kartu jaminan kesehatan (BPJS) karena tidak mampu membayar,” katanya.

Namun, RS Bunda Mulia hanya mampu menangani persalinan, namun untuk tindak lanjut anak kembar siam, pihak rumah sakit belum mampu untuk hal tersebut.

“Sehingga bayi kembar siam kita rujuk ke Adam Malik untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, dengan dicek scaning dan pembedahan,” katanya.

Ia juga mengaku, pemerintah Kabupaten Asahan telah datang ke rumah sakit untuk menjenguk dan memberikan santunan kepada orang tua bayi.

“Bupati sudah datang, Kepala Dinas Kesehatan juga sudah. Bupati turun memberikan santunan kepada orang tuanya untuk membantu biaya operasi di Medan,” katanya.

Ia berharap, agar seluruh keluarga harusnya memiliki kartu jaminan kesehatan (BPJS) agar dapat terjamin kesehatannya bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau yang tidak mampu, itu sudah ada dianggarkan kalau saya tidak salah. Tinggal melapor ke pihak dinas sosial kita sudah dapat memiliki jaminan kesehatan,” pungkasnya. (ram/infonesia)