Miris, Lagu Indonesia Raya Dipotong saat Timnas Basket Berjuang di Kualifikasi FIBA World Cup 2023

Infonesia.id- Lagu Kebangsaan Indonesia Raya tentunya bisa menambah rasa nasionalisme dan semangat para atlet sebelum melakukan pertandingan.

Namun, Timnas basket Indonesia mengalami hal yang tidak mengenakkan saat bermain di kualifikasi FIBA World Cup 2023, Sabtu (27/11/2021) lalu.

Dalam pertandingan melawan tuan rumah Lebanon, lagu kebangsaan Indonesia Raya tak berkumandang hingga selesai di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael.

Saat itu, lagu ciptaan WR Soepratman diputar hanya sampai “marilah kita berseru, Indonesia bersatu”. Setelah itu tidak dilanjutkan.

Manajemen dan pemain timnas pun saling memandang ketika saat tidak bisa menyanyikan lagu kebangsaan tidak utuh.

Hal ini pun membuat PP Perbasi (Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) meradang dan melayangkan surat protes kepada Lebanon.

Kami kecewa kepada Lebanon. Saat memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya dipotong. Tidak diputar sampai selesai. Kami protes keras dengan kejadian ini,” kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, dalam rilisnya.

Sementara itu, manajer timnas basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, mengaku sempat kebingungan di lapangan saat kejadian itu.

“Mungkin bagi mereka hal seperti ini biasa tapi bagi kami, ini adalah persoalan sensitif. Ini menyangkut harga diri sebagai bangsa,” ujar pria yang akrab disapa Mocha itu.