Tak Punya NPWP, Pedagang Olshop Ini Kaget Ditagih Pajak Rp 35 Juta

Infonesia.id- Curhatan seorang pedagang online shop, tiba-tiba ditagih pajak padahal tidak punya NPWP viral di media sosial.

Curhatan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @txtdarionlshop. Wanita yang berjualan di toko online itu syok ketika dirinya mendapatkan surat tagihan dari kantor pajak.

Selama ini dirinya tak mengatahui tentang perhitungan pajak di toko online.

Dia mengatakan bahwa hasil penjualan tersebut dihitung oleh kantor pajak.

“Yang udah berjualan dan baru dagang online, ingat kalau ada pajak. Ternyata selama ini data transaksi seller shopee diterima oleh kantor pajak, nggak tahu kalau market place lain, kayaknya sih iya juga,” tulis akun ini.

Dalam unggahan tersebut, disebutkan bahwa si pedagang tidak memiliki NPWP.

Pedagang tersebut juga tak membayar pajak sehingga kaget saat mendapatkan tagihan Rp 35 juta.

“Doi belum punya NPWP, 2 tahun nggak bayar pajak kena Rp 35 juta,” imbuh akun tersebut.

Usut punya usut, pihak market place akan mengirimkan data penjualan kepada kantor pajak.

Hal tersebut diceritakan oleh akun Facebook Karina Putri Dewi.

“Sekedar info temen-temen bagi yang jualan di shopee saya infokan mulai sekarang perhitungkan mengenai penerapan harga jual ya,” jelasnya.

“Karena penjualan kita dari awal shopee sampai sekarang ternyata dihitung dan data kita di shopee dikasih ke kantor pajak. Ini giliran saya yang kena,” lanjutnya.

“Saya harus bayar pajak ke pratama sekian juta, temen saya juga kena sekitar Rp 35 juta,” ungkapnya.

“Yang belum kena tunggu saja, mulai sekarang perhitungkan jualan di shopee dengan potongan pajak, admin, dan lain-lain,” katanya.

“Kecuali bagi yang sudah memiliki NPWP karena akan terdeteksi langsung biasanya. Untuk market place lain saya belum dapat infonya. Semoga bisa menjadi perhatian untuk lebih cerdas memperkirakan harga yang akan kita jual,” bebernya.