Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Sudah Punya Koleksi Buku Digital

Infonesia.id, Medan- Sesuai dengan salah satu visi-misi Wali Kota Medan Bobby Nasution yang ingin menjadikan Medan Maju, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan bergerak cepat (Gercep) menambah kebutuhan literasi di sejumlah Kelurahan.

Dalam visi-misi Medan Maju poin ke empat, Bobby Nasution ingin membangun sudut literasi dan taman baca di setiap Kecamatan. Tak sekadar membangun asal jadi, Bobby ingin sudut literasi dan taman baca tersebut ramah anak dan difabel.

“Sesuai dengan misi Pak Wali itu kami langsung menyahuti. Insya Allah tahun depan sudah ada penambahan di lima Kelurahan dan pada 2023 akan ditambah 10 taman bacaan dan literasi di Kelurahan-kelurahan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Dr Adlan, MM.

Saat ini sudah ada delapan perpustakaan cabang di Kota Medan yakni di Kelurahan Tanjung Rejo Medan Sunggal, Pekan Labuhan Medan Labuhan, Terjun Medan Marelan, Tembung Medan Tembung, Gaharu Medan Timur, Tanjung Mulia Medan Deli, Amplas Medan Amplas dan Mangga Medan Tuntungan.

Adlan juga mengatakan dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menjemput bantuan berupa satu unit mobil operasional perpustakaan dari Perpustakaan Nasional di Jakarta. ‘

“Tidak semua bisa dapatkan itu, hanya yang sudah ditentukan Perpusnas. Dalam waktu dekat akan kita terima,” lanjut Adlan.

Di sisi lain, saat ini Perpustakaan Kota Medan juga sudah punya koleksi buku digital yang bisa dilayani via E-Pusda Kota Medan.

“E-Pusda itu bisa diakses via Google Play. Kita download nanti buku-buku koleksi kita ada disitu jadi memudahkan masyarakat yang berhalangan hadir langsung,” tambah Adlan yang baru dilantik Jadi Kadis Perpustakaan akhir September 2021 lalu itu. (ram/infonesia)