India Kirim Bantuan Oksigen ke Indonesia, Airlangga: Teman yang Ada saat Dibutuhkan

Infonesia.id- Pemerintah India bakal mengirimkan bantuan oksigen konsentrat dan liquid untuk Indonesia guna menangani lonjakan COVID-19 saat ini. India diketahui sebelumnya juga pernah dibantu RI dengan hal yang sama.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua KPC PEN, Airlangga Hartarto, mengapresiasi bantuan India tersebut. Hal ini membuktikan bahwa hubungan kedua negara sangat erat.

Friend in need is the friend indeed, teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya,” ujar Airlangga dikutip dari keterangannya, Rabu, 21 Juli 2021.

Seperti diketahui, RI mendukung ketika India dilanda krisis tabung oksigen untuk menghadapi lonjakan kasus COVID-19 gelombang kedua. Indonesia adalah salah satu negara yang memberikan bantuan medis berupa 3.400 unit tabung oksigen ke India. Bantuan tersebut dilepas oleh Airlangga.

“Kita menjadi kawan di kala senang dan susah. Ini juga sebagai pengingat dalam menghadapi pandemi kita harus menguatkan solidaritas dan bergandengan tangan agar pandemi bisa lebih mudah dihadapi dan segera diakhiri,”  kata  Airlangga saat melepas pengiriman bantuan untuk India bulan Mei lalu.

Menurunya, selama ini India juga telah banyak membantu Indonesia dalam memenuhi suplai vaksin Astra Zeneca. Vaksin itu diketahui diproduksi di negara tersebut melalui fasilitas multilateral COVAX.

sumber: viva.co.id