Wikipedia Kini Tidak Bisa Dipercaya, Co Founder: Sudah Jadi Situs Semacam Propaganda

Infonesia.id- Pernyataan mengejutkan keluar dari mulut co-founder Wikipedia, Larry Sanger. Dia mengatakan Wikipedia kini tidak bisa dipercaya.

Ucapan ini disampaikan dalam wawancara Sanger dalam acara Lockdown TV milik UnHerd pada Rabu 14 Juli 2021 kemarin. Diberitakan News.com Australia, seperti dilihat Rabu (21/7/2021), Sanger mengatakan dirinya menciptakan Wikipedia tahun 2001 dengan semangat netralitas.

Namun sekarang menurut Sanger, Wikipedia sudah menjadi semacam situs propaganda. Untuk isu-isu politik Amerika, Wikipedia memblokir pandangan konservatif dan lebih berhaluan kiri.

“Anda tidak bisa mengutip Fox News untuk isu sosial politik, pasti di-banned. Kalau tidak ada di media mainstream kiri-tengah, maka tidak akan ada di Wikipedia,” kata Sanger.

Sanger mengatakan, Wikipedia kini isinya adalah sudut pandang yang ajeg, ketimbang sudut pandang yang beragam. Ada kekuatan-kekuatan politik yang mencoba menjadikan Wikipedia sebagai kebenaran satu versi saja.

“Dan mereka melakukan itu. Permainan rumit, besar, dan jahat di balik layar untuk membuat sebuah artikel mengatakan apa yang mereka ingin katakan,” ujarnya.

Perusahaan PR juga secara khusus membantu klien-klien mereka untuk menentukan konten di Wikipedia. Sanger memberi 2 contoh yaitu soal Presiden AS Joe Biden dan COVID-19.

Untuk Joe Biden, dia bilang isinya semua positif dan tidak ada sudut pandang kritis dari kubu Partai Republik. Skandal politik terkait Biden juga ditulis pendek saja, meskipun perkaranya besar.

Untuk COVID-19 di Amerika, Wikipedia hanya memuat opini versi pemerintah seperti Dr Anthony Fauci. Pendapat dari para pemenang Nobel atau para doktor, lenyap begitu saja.

“Bukan cuma tidak disambut di Wikipedia, mereka juga disensor di YouTube dan kadang Facebook dan Twitter karena narasi mereka berlawanan,” keluhnya.

Dalam wawancara tersebut Larry Sanger mengaku berhaluan kanan atau Libertarian Conservative. Dia tidak menjelaskan apakah bias di Wikipedia ini hanya pada konteks Amerika atau semua isu dari seluruh dunia. Terkait dengan aneka kritikan Sanger kepada Wikipedia, pihak Wikipedia belum memberikan komentar.

sumber: detik.com