12 Menteri di India Mundur Usai Gagal Tangani Covid 19

Infonesia.id- Kabar mengejutkan datang dari India di awal bulan Juli 2021, belasan menteri memutuskan untuk mengundurkan diri akui gagal hadapi pandemi.

Dikabarkan 12 menteri India mengundurkan diri termasuk Menteri Kesehatan menyusul adanya lonjakan kasus Covid 19 di awal tahun ini.

Pengunduran diri itu merupakan bagian dari perombakan besar yang dilakukan oleh Perdana Menteri India Nerendra Modi menjelang pemilu di tahun 2022.

Menteri Kesehatan Harsh Vardhan (66) mendapat kritikan keras khususnya selama lonjakan pendemi Covid 19 yang terjadi.

Layanan kesehatan berada di bawah tekanan berat di banyak daerah, rumah sakit kehabisan pasokan oksigen dan obat-obatan.

Ledakan covid 19 yang terjadi di India itu imbas dari kebijakan pemerintah yang mengizinkan pertemuan keagamaan dan kampanye yang berlangsung pada Januari, Februari dan Maret.

Acara yang mengundang massa membuat varian delta muncul menumbangkan sistem kesehatan India.

Banyak ahli yang menduga karena penghitungan yang kurang tepat dan pencatatan penyebab kematian yang salah, jumlah sebenarnya yang meninggal bisa beberapa kali lipat lebih tinggi.

Ravi Shankar Prasad, menteri hukum dan kehakiman dan teknologi informasi, juga mengundurkan diri, menurut pernyataan dari kantor presiden.

Selain itu Prakash Javadekar, menteri lingkungan hidup, hutan dan perubahan iklim serta informasi, penyiaran dan industri berat, dikabarkan telah mengundurkan diri.

sumber: pikiran-rakyat.com