Heboh Video Matahari di Jeneponto Terbit dari Utara, Ini Penjelasan LAPAN

Infonesia.id- Viral sebuah video yang menyebutkan matahari di Jeneponto, Sulsel, terbit dari utara. Video itu diunggah oleh seseorang yang berada di MAN Binamu, Jeneponto, Sulsel.

Pengunggah video itu mengatakan kejadian yang tak biasa itu terjadi pada Kamis (17/6) pagi hari. Ia mengaku menyaksikan matahari terbit dari utara bersama dengan rekan-rekannya di sekolah tersebut.

“Dari lokasi MAN Binamu, sesuatu yang sangat aneh telah terjadi. Di mana matahari berada pada posisi di utara pagi ini hari Kamis tanggal 17 Juni,” ucap pengunggah video tersebut.

Terkait beredarnya video tersebut, Kepala LAPAN Thomas Djamaludin mengatakan fenomena itu merupakan hal wajar. Fenomena itu terjadi karena pergerakan posisi matahari akibat kemiringan sumbu rotasi bumi.

“Pada bulan Juni posisi matahari berada di belahan utara. Terbitnya bukan di titik timur, tetapi bergeser mendekati timur laut,” ujar Thomas kepada kumparan, Jumat (18/6).

Kemudian, pada tengah hari di bulan Juni, matahari akan berada di arah utara. Sementara itu, untuk terbenamnya matahari mengarah ke barat laut, bukan pada titik barat.

“Titik terbit tepat di timur dan terbenam tepat di barat terjadi pada Maret dan September. Pada Desember titik terbit dekat titik tenggara, tengah hari matahari pada arah selatan, dan terbenam dekat titik barat daya,” pungkasnya.

sumber: kumparan.com