Viral Orang Utan Masuk Pemukiman Warga, BKSDA Minta Warga Jangan Memberi Pakan

Infonesia.id- Viral di media sosial (medsos) sebuah video yang memperlihatkan seekor orang utan masuk ke perkampungan di Desa Lusan, Muara Komam, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

BKSDA Balikpapan membenarkan peristiwa hewan yang dilindungi pemerintah yang masuk ke perkampungan warga tersebut.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Balai KSDA Kalimantan Timur, Suriawati Halim mengataka bahwa saat ini pihaknya telah menerjunkan personil gabungan petugas BKSDA dibantu Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).

“Kami sudah memberangkatkan petugas dari BKSDA Balikpapapan dibantu tim dokter dari BOSF tetapi kami belum dapat informasi bagaimana (situasi) di sana karena tidak ada sinyal, dari BOSF selain dokter juga ada satu petugas lagi,” terang dia Rabu (9/6/2021).

Lokasi perkampungan warga tersebut memang menjadi kendala petugas BKSDA memberikan informasi terkait kondisi terkini bagaimana proses evakuasi orang utan yang diduga merupakan jenis jantan itu.

“Lokasinya jauh ditambah jalan juga rusak, yang pasti kami masih terus berkoordinasi, belum ada informasi,” imbuh dia.

BKSDA sendiri telah berupaya melakukan sosialiasasi kepada warga Desa Lusan untuk tidak mendekat dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat bila menemukan adanya orang utan yang masuk ke pemukiman warga itu.

“Kita juga meminta bantuan perangkat desa setempat serta pihak keamanan agar warga untuk tidak dulu mendekat atau juga memberi pakan,” pungkasnya.

sumber: okezone.com