Viral Video Perabot Rumdis Wali Kota Sibolga Hilang, DPRD akan Cek Kebenarannya ke Lokasi

Infonesia.id, Sibolga – Misteri hilangnya aset berupa perabot di rumah dinas wali kota Sibolga belum menemui titik terang. Untuk mengungkap kebenarannya, DPRD berencana meninjau langsung rumah dinas tersebut.

Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori yang juga bertugas sebagai pengawas di Komisi II menyayangkan kejadian tersebut.

“Seharusnya jauh hari tim aset sudah bekerja di akhir masa jabatan Wali Kota Sibolga, apalagi ada surat wali kota meminta aset itu untuk bisa dia gunakan, kan sangat wajar rasanya 10 tahun menjabat dan kemudian dia minta dihitung berapa yang dia ganti,” ujar Jamil kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Menurutnya kasus yang sudah ramai diperbicangkan masyarakat itu harusnya diselesaikan segera mungkin oleh Pemkot Sibolga.

“Kita meminta persoalan ini didahulukan. karena Pemko jika ada merasa kehilangan barang, di luar kewajaran silakan buat pengaduan ke aparat penegak hukum jangan bermain di media, supaya terungkap kebenarannya,” lanjutnya.

Dia mengatakan seharusnya bagian aset harus segera bekerja, agar persoalan tersebut tidak berlarut-larut dan menjadi pembicaraan publik.

“Nanti ketika data ada, datanya kan ada dalam LKPJ. Baru kita akan monitor ke lapangan untuk melihat kondisi rumah dinas yang sebenarnya dan mengecek aset-aset di sana,” pungkas Jamil.

Sebelumnya, terkait kejadian itu, Kabag Aset Pemko Sibolga, Klaudius mengatakan tidak mengetahui secara rinci perihal aset tersebut.

“Sudah ada keterangan pak Sekda dan pak Wali Kota di media. Soal rinciannya saya tidak tahu. Yang jelas barang itu tidak di situ. Saya tidak tahu, (barang) tidak (ada) di situ karena hilang atau sengaja. Persisnya saya tidak tahu,” ujar Klaudius saat diwawancarai wartawan, Rabu (14/4/2021).

Namun ketika ditanya perihal rekaman video yang viral di media sosial menayangkan barang-barang tersebut masih berada di rumah dinas wali kota Sibolga. Klaudius mengaku belum melihat rekaman video tersebut.

“Aku belum lihat (video) soalnya. Saya sebenarnya kecolongan juga kan karena pengurus barang tidak ada konfirmasi. Di Setda kan ada pengurus barang, harusnya dia lebih tahu. Setelah kejadian (barang tidak ditemukan), saya belum pernah ke rumah itu. Coba lihat videonya,” pungkas Klaudius.

Sebelumnya, diberitakan bahwa barang-barang berupa perabot di rumah dinas wali kota sibolga hilang. Pihak Pemko Sibolga menyebut BPK telah melaporkan kerugian sebesar Rp589 juta atas kehilangan barang di rumah dinas itu.

Berdasarkan berita yang tersebar, rumah dinas tersebut kosong melompong saat dikunjungi wali kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dan Sekda pada 6 April 2021.

Namun, belakangan muncul video di media sosial dan diterima awak media bahwa pada tanggal 8 April perabot yang disebut hilang berupa sofa, meja, lemari dan perabot lainnya ternyata masih tetap berada di rumah dinas tersebut. Video munculnya kembali perabot di rumah dinas itu pun viral di media sosial.

Kasus hilangnya barang-barang atau aset itu sempat menyeret-nyeret nama Wali Kota sebelumnya Syarfi Hutauruk yang sudah 10 tahun menggunakan rumah dinas tersebut. (ram/infonesia)