Ini Dia Pengertian Prank, Tak Senang Bisa Dibawa ke Jalur Hukum

Infonesia.id- Para konten kreator di media sosial sekarang ini sering membuat konten-konten prank yang menghibur para penonton. Tapi tahukah anda pengertian dari prank? Yuk kita simak artikel berikut ini.

Pengertian Prank adalah trik atau lelucon yang menyebabkan korbannya merasa kaget, tertipu bahkan sampai heran dan tidak nyaman.

Biasanya prank sering mengundang kontroversi bahkan membuat publik sampai emosi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prank diartikan sebagai senda gurau, kelakar, olok-olok, dan seloroh. Prank zaman sekarang dimaknai sebagai sesuatu guyonan yang bisa dikatakan membohongi seseorang dan bersifat ‘mengerjai’, diatur seolah-olah serius namun ternyata hanya bohongan dengan tujuan agar target prank merasa kaget, terkejut, atau bahkan merasa malu.

Selain itu prank juga diartikan sebuah lelucon mengatakan omong kosong yang provokatif kepada seseorang, sambil secara diam-diam merekam mereka, lalu kemudian berteriak “Itu sebuah lelucon, kawan, itu hanya sebuah lelucon” ketika mendapat respons negatif.

Karena itulah prank bisa merembet ke ranah hukum. Walaupun sifatnya bercanda, prank yang sifatnya dark humor bisa merugikan orang lain. Sehingga bercandaan ini bisa sampai dibawa ke ranah hukum. Arti lain dari prank juga bisa mempermainkan orang lain hingga orang tersebut terlihat bodoh.

Ada banyak jenis lelucon di dunia ini. Seperti jika Anda menelepon seorang teman dan mengatakan Anda adalah polisi, itu akan menjadi panggilan prank telepon.

Prank bisa berbahaya, bahkan merugikan banyak orang hingga merembet menjadi kejahatan. Karena itu, bercandalah sewajarnya agar tidak ada pihak yang dirugikan.