Yuk Ketahui Sejarah K-Pop Hingga Sekarang Sudah Mendunia

Infonesia.id- Banyak masyarakat dunia terutama kaum milenial, menggandrungi genre musik Korean Pop alias K-Pop. Kaum milenial senang dengan K-Pop karena grup yang digawangi sekolompok pria dan wanita memiliki wajah yang tampan dan cantik. Selain itu, mereka juga tak hanya piawai bernyanyi namun juga bisa menari.

Infonesia bakal memberikan informasi tentang sejarah K-Pop dari berbagai generasi. Yuk disimak.

Tahun 1992-2002

Banyak pendapat mengatakan K-Pop lahir saat Boy Band bernama Seo Taiji and Boys. Seo Taiji melakukan debut tahun 1992 yang mempunyai personil bernama Yang Hyun Suk dan Lee Juno. Boy band ini menggabungkan genre musik rap. techno dan rock. Dunia musik Korea Selatan pun memutuskan bubar tahun 1996 saat dipuncak kejayaannya.

Produser musik Lee Soo Man akhirnya mendirikan SM Entertainment tahun 1995. Hal ini setelah Seo Taiji and Boys terkenal dan membawa angin segar untuk dunia musik Korsel. Lee Soo Man getol mencari calon artis dan penyanyi yang kemudian diberikan pelatihan.

Tahun 1996 akhirnya SM Entertainment akhirnya melaunching boy band bernama H.O.T (Highfive of Teenagers). H.O.T menjadi perbincangan karena kostum yang mencolok dan genre musik yang berbeda dari sebelumnya. H.O.T sempat merajai tangga lagu di Korea Selatan.

SM Entertainment akhirnya menjadi tonggak produser-produser lain untuk membuka agensi. Tetapi generasi K-Pop pertama ini tidak bertahan lama tanpa tahu sebabnya.

Tahun 2003-2011

Pada generasi kedua ini, K-Pop mulai melebarkan sayap ke negara tetangga, yakni China dan Jepang. Bahkan lagu-lagu K-Pop yang terkenal sampai diterjemahkan ke bahasa Jepang dan Mandarin.

K-Pop yang semakin dikenal, menimbulkan istilah baru yakni Hallyu dan Korean Wave. Hallyu merambah sektor seperti drama, film, dan teater musik.

Boy band dan girl band yang terkenal di generasi ini adalah Super JUnior. Bigbang, SNSD, Wonder Girls, SHINee, 2NE1, f (X) dan yang lainnya. Grup ini bahkan terkenal sampai Eropa dan Amerika Serikat.

Di generasi kedua inilah K Pop dianggap sebagai Golden Age. Di generasi kedua inilah, pemerintah Korsel berani menganggarkan dana untuk industri hiburan untuk meningkatkan devisa negara.

Tahun 2012-2017

Keunggulan K-Pop dibandingkan hiburan yang lain adalah melakukan pelatihan atau Trainee. Trainee ini melatih musik, tari, akting dan menjadi host.

YG Entertainmen di tahun 2012 melakukan rilis lagu Gangnam Style yang dipopulerkan oleh Park Jae Sang alias PSY. Lagu Gangnam Style ini mendunia pada tahun itu, dan mendapatkan video dengan jemlah penonton terbanyak di Youtube.

Selain PSY, ada juga EXO, Blackpink, BTS, Twice, IKON, dan lainnya. Bahkan boyband dan girlband ini sampai melangsungkan tur dunia.

Tahun 2018 sampai sekarang

Di generasi ini banyak yang menganggap belum ada yang bisa mengalahkan generasi sebelumnya. Tentunya boyband dan girlband seperti Stray Kids, ATEEZ, TXT, dan Rocket Punch harus bekerja keras untuk menyamai prestasi para seniornya.