Pengertian Pandemi, Endemi dan Epidemi Serta Ketahui Perbedaanya

Infonesia.id- Semenjak merebaknya virus Covid 19 di seluruh dunia termasuk Indonesia, kata pandemi, endemi dan epidemi selalu menjadi perbincangan hangat.

Infonesia bakal memberikan informasi tentang pengertian pandemi, endemi dan epidemi. Yuk disimak.

Pengertian Pandemi

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi secara bersamaaan dalam satu wilayah ataupun geografis yang luas seperti dunia. Contoh penyakit yang dinobatkan menjadi pandemi adalah Covid 19 atau virus corona.

Pengertian Endemi

Endemi adalah wabah penyakit yang datang di wilayah tertentu dan penyakit tersebut akan selalu ada walaupun frekuensinya rendah atau kasusnya dalam jumlah yang sedikit. Penyakit yang biasa timbul di daerah tertentu seperti malaria dan Demam Berdarah alias DBD.

Pengertian Epidemi

Penyakit ebola di benua Afrika adalah contoh dari epidemi. Epidemi adalah wabah penyakit yang menyebar di wilayah tertentu dan berpengaruh terhadap populasi penduduk di wilayah tertentu tersebut.

Perbedaan pandemi, endemi dan epidemi

Wabah penyakit yang menyebar ada tingkatannya. Seperti endemi bakal berkembang menjadi epidemi dan jika sudah meluas ke seluruh dunia bakal menjadi pandemi. Inilah yang terjadi pada virus Covid 19 yang ditetapkan WHO sebagai pandemi pada tahun 2020 lalu. Yang terbaru WHO mengatakan bahwa Covid 19 adalah penyakit endemik, karena penyakit ini tidak akan pernah hilang dan akan terus ada di dunia ini.