Apa Itu X Ray? Ketahui Cara Kerja dan Amankah X Ray Digunakan

Infonesia.id- Dalam dunia kesehatan metode pemeriksaan bagian dalam tubuh dengan mengambil foto. Biasanya disebut x ray alias rontgen.

Infonesia bakal memberikan informasi tentang pengertian x ray, cara kerja dan amankah x ray, yang dikutip dari berbagai sumber. Yuk disimak.

X ray atau rontgen adalah teknik pencitraan medis yang menggunakan radiasi elektromagnetik untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh kita. Biasanya pemeriksaan ini berfungsi untuk melakukan diagnosa agar lebih maksimal.

Prioritas dari x ray sebenarnya adalah melihat tulang dan sendi, namun x ray ternyata bisa digunakan untuk melihat jaringan organ internal atau jaringan lunak, seperti pembuluh darah, jantung, paru-paru, dan saluran kemih.

X ray juga bisa digunakan dalam radioterapi untuk mengetahui tumor dan kanker.

Cara pemeriksaan X Ray

X ray dilakukan menggunakan mesin yang akan mengirimkan gelombang radiasi elektromagnetik ke tubuh. Radiasi yang diserap tubuh akan berbeda-beda. Inilah yang membuat hasil gambar x ray melakukan perbedaan warna putih, hitam dan abu-abu.

Hasil pemeriksaan x ray akan berwarna putih jika mengenai bagian tubuh seperti tulang. Sementara x ray berwarna hitam jika mengenai udara dan akan berwarna abu-abu jika mengenai lemak, cairan dan otot.

Amankah X Ray?

Terlalu sering menjalani pemeriksaan yang menggunakan x ray, bakal berpotensi merusak DNA hingga meningkatkan resiko kanker, walaupun resikonya terbilang rendah.

Walau dianggap aman untuk dewasa, x ray ternyata tidak baik untuk janin dan anak kecil. Pasalnya, radiasi x ray sangat beresiko terjadinya keguguran saat hamil atau resiko bayi terlahir cacat. Oleh karena itu ibu hamil tidak disarankan menggunakan x ray, kecuali dalam kondisi darurat.

Biasanya dokter sebelum melakukan x ray akan menyuntikkan zat kontras dari yodium ke dalam tubuh. Hal ini berfungsi agar kualitas gambar menjadi lebih baik.

Namun zat kontras ini bisa menyebabkan efek samping seperti mual, pusing, gangguan ginjal hingga gatal-gatal. Jadi disarankan usai pemeriksaan x ray , anda harus minum banyak air, untuk melenyapkan zat kontras dari dalam tubuh.

Sebelum melakukan pemeriksaan, alangkah baiknya anda melakukan konsultasi ke dokter, agar informasi yang didapat bisa valid.