Apa Sih Fungsi Chip KTP Elektronik?

Infonesia.id- Beberapa hari ini, dunia sosial media dihebohkan deengan konten TikTok yang diunggah oleh salah satu netizsen, tentang penemuan chip KTP elektronik. Unggahan ini menjadi viral dan mendapat banyak tanggapan dari netizen lain.

Nah, agar kita paham tentang kegunaan chip KTP elektronik, Infonesia sudah merangkum fungsinya, agar kita tidak salah paham. Yuk disimak.

Chip yang berada di KTP elektronik berfungsi sebagai penyimpanan data kependudukan dari pemegangnya. Chip ini menggunakan basis mikroprosesor dengan penyimpanan seperti biodata lengkap, tanda tangan, pas foto dan sidik jari pemegang. Kapasitasnya hanya 8 KB.

Untuk keamanannya anda tidak perlu ragu, karena data tersebut hanya bisa dibaca oleh card reader yang memiliki spesifikasi khusus. Selain itu, chip ini tidak memiliki pemancar melacak posisi pemilik, seperti yang dihebohkan. Jadi hanya khusus menyimpan data.

Perangkat ini juga bisa untuk melakukan verifikasi identitas pemegang dan validitasnya. Hal ini dilakukan untuk mengonfirmasi pemegang KTP elektronik, apakah dia pemilik sah atau bukan.

KTP elektronik tersebut akan dipindai dengan perangkat khusus, sehingga data anda akan tampilkan di layar monitor, dan pemilik akan dimintai untuk pemindaian sidik jari, untuk mencocokkan sidik jari yang sudah ada di chip.

Jika tidak cocok, maka pemegang KTP elektronik tersebut adalah tidak sah. Jadi buat teman-teman, jangan takut ya karena kegunaan KTP elektronik ini hanya sebagai penyimpan data saja. Jika anda masih ragu, silakan datang ke dinas terkait di Kota anda untuk mendapatkan informasi tentang fungsi chip KTP elektronik tersebut. Terima kasih.