Apa Itu Body Shaming? Kenali Juga Ciri-cirinya

Infonesia.id- Membuat orang lain tersinggung dan melakukan bully tentunya tidak boleh dilakukan. Biasanya salah satu orang untuk menyinggung orang lain adalah dengan body shaming.

Infonesia bakal memberikan informasi apa itu body shaming dan kenali ciri-cirinya. Yuk disimak.

Body shaming adalah perilaku mengomentari atau nyinyir terhadap tubuh sendiri maupun orang lain secara negatif. Biasanya kata-kata yang terlontar adalah kurus, gendut, tinggi, pendek.

Jika seseorang terkena body shaming, maka biasanya dirinya akan malu untuk tampil di keramaian atau merasa minder. Yang paling parah bisa saja korban body shaming mengalami depresi, dan tiba-tiba menjadi pendiam.

Ciri-ciri body shaming terhadap orang lain

1. Menyuruh orang lain untuk berolahraga

Memang terkesan biasa saja jika kita menyuruh orang lain untuk olahraga karena tubuhnya yang gendut. Tetapi, tanpa kita ketahui bisa saja orang tersebut marah dan tersinggung atas ucapan anda.

2. Sering membandingkan tubuh orang lain

Anda menganggap tubuh anda paling ideal diantara teman-teman anda, sehingga anda sering menyanjung diri sendiri. Padahal tanpa anda sadari bisa saja anda melakukan body shaming bahwa anda menjalani hidup sehat sementara teman anda tidak.

3. Sering menganggap tubuhnya paling gemuk

Biasanya wanita selalu merasa paling gemuk diantara teman-temannya, walaupun pada kenyataannya tidak seperti itu.

Namun pernyataan ini bisa saja tergolong body shaming, karena teman anda bakal tersinggung karena seperti menyindir bahwa teman andalah yang kelebihan berat badan.

4. Sering berkomentar terhadap makanan orang lain

Hati-hati menyuruh teman anda untuk melakukan diet dengan alasan makanan yang dimakannya bisa membuat kolesterol dan berat badan naik. Karena teman anda bisa saja tidak terima dengan saran anda tersebut.