Apa Itu Vaksin? Lengkap dengan Sejarahnya

Infonesia.id- Vaksin di masa pandemi Covid 19 ini, terus digalakkan untuk menekan penularan virus Corona alias Covid 19.

Infonesia bakal memberikan informasi tentang pengertian vaksin dan juga sejarahnya. Yuk disimak.

Vaksin yakni zat yang sengaja dibuat agar mencegah terjangkit dari penyakit tertentu. Zat yang dibuat ini akan merangsang pembentukan kekebalan tubuh, sehingga penyakit tertentu tidak mudah masuk.

Vaksin yang telah masuk ke dalam tubuh mengakibatkan bangkitnya sistem inum dan tahap akhirnya adalah terbentuknya antibodi dan sel-sel memori.

Pemberian vaksin disebut dengan vaksinasi. Vaksinasi diberikan untuk bayi dan balita, maupun orang dewasa. Contoh vaksin adalah vaksin influenza, campak, polio dan yang terbaru kini adalah vaksin Covid 19.

Sejarahnya, vaksin pertama kali dibuat oleh Edward Jenner pada tahun 1796. Pada saat itu, Edward Jenner menggunakan sapi yang diinfeksi dengan cacar sapi (variolae vaccinae), yang bertujuan untuk membuat vaksin untuk melindungi masyarakat dari smallpox. Ia menginokulasi seorang anak dengan cowpox dan kemudian menginfeksinya dengan smallpox. Anak tersebut tetap sehat, karena telah terkena cowpox sebelumnya. Inokulasi cowpox menyebabkan yang sakit lebih sedikit daripada inokulasi smallpox.

Itu dia pengertian tentang vaksin dan juga sejarahnya. Semoga bermanfaat ya.