Sejarah Persija Jakarta, Macan Kemayoran yang Mengamuk di Piala Menpora 2021

Infonesia.id- Persija Jakarta adalah klub sepakbola asal Ibukota Jakarta. Macan Kemayoran julukan dari Persija Jakarta merupakan klub legendaris Indonesia yang memiliki segudang prestasi. Yang terbaru adalah, berhasil meraih juara di Piala Menpora 2021, dengan menekuk seteru abadinya, Persib Bandung.

Infonesia bakal memberikan informasi tentang sejarah berdirinya klub Persija Jakarta. Yuk disimak.

Persija Jakarta merupakan salah satu klub tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1928. Pendirinya adalah Soeri dan Alie pada 28 November. Namanya saat itu belum Persija tetapu Voetballbond Indonesia Jacatra (VIJ).

Persija merupakan salah satu klub pencetus terbentuknya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), pada tanggal 19 April 1930. Pada era sebelum kemerdekaan, dengan nama masih menggunakan bahasa Belanda, Persija sudah mengikuti turnamen-turnamen sepakbola dan berhasil menyabet empat kali juara.

Barulah pada tahun 1950 nama Persija akhirnya dikukuhkan.

Pada era perserikatan, Persija adalah klub yang berhasil sedikitnya 5 trophy juara. Yakni pada tahun 1964, 1973, 1975, dan 1979.

Pada tahun 1975, Persija menjadi juara perserikatan bersama PSMS Medan. Kenapa harus ada dua klub juaranya? pasalnya, pada saat itu pertandingan final Persija Vs PSMS Medan berjalan menjurus kasar, hingga wasit memutuskan menghentikan pertandingan sebelum waktu selesai.

Ketum PSSI saat itu, Bardosono, mengambil keputusan untuk memberikan gelar kepada kedua klub ini.

Persija sempat mengalami kesulitan finansial pada era profesional. Hal ini dikarenakan, tidak boleh lagi klub sepakbola menerima dana dari APBD. Bahkan pemain Persija saat itu pernah telat gajian, karena kesulitan ekonomi.

Persija akhirnya berhasil meraih gelar di Liga Indonesia pada tahun 2001. Mereka meraih juara, pasca di partai final mengalahkan PSM Makassar.

17 tahun puasa gelar, akhirnya Persija kembali meraih juara pada Liga I di tahun 2018. Pada saat itu Persija dilatih oleh Stefano Cugurra.

Untuk jersey Persija sempat mengalami pergantian. mulai dari warna merah, hingga oranye. Tetapi kini Persija memutuskan untuk kembali menggunakan jersey berwarna merah.

Persija hingga saat ini bermarkas di Stadion Gelora Bung Karno. Namun, jika Jakarta International Stadium (JIS) selesai pembangunannya, maka Persija bakal bermarkas di stadion yang memiliki kapasitas 82 ribu tempat duduk tersebut.