Ini Pertanyaan yang Biasa Muncul saat Interview Kerja

Infonesia.id- Mungkin anda yang akan melaksanakan interview kerja, pasti merasa deg-deg an dengan pelaksanaan ini. Karena interview biasanya menjadi penentu apakah anda diterima di perusahaan tersebut.

Infonesia mencoba merangkum, pertanyaan yang biasa keluar dari HRD. Yuk dibaca biar anda ada persiapan untuk melakukan interview kerja.

1. Perkenalan diri

Ini biasanya menjadi pertanyaan awal untuk memulai interview kerja. Walaupun terkesan sederhana, namun HRD akan melihat psikologis anda dalam memperkenalkan profil. HRD tentu akan melihat karakter, cara bicara kami. Intinya kamu jangan sampai gugup ya.

2. Kenapa kamu termotivasi bekerja di perusahaan ini

HRD kembali lagi mengaduk psikologi anda tentang pertanyaan ini. Saran yang terbaik adalah, kamu hindari mengatakan kalau di perusahaan yang sebelumnya kamu tidak nyaman. Tabu sekali mengatakan kalau perusahaan yang kamu lamar ini memiliki gaji besar. HRD kemungkinan akan berpikir kamu sangat mata duitan.

Alangkah baiknya, kamu dengan tegas menyatakan kamu punya skill untuk masuk perusahaan ini, dan latar belakang pendidikan yang cocok.

3. Apa kamu tahu tentang profil perusahaan ini

Sebelum interview alangkah baiknya kamu coba mengetahui tentang profil perusahaan yang akan kamu lamar. Pertanyaan ini biasanya keluar dan kamu harus siap. Caranya cari aja di Google, mudah-mudahan profil perusahaan dapat, dan tahu fokus perusahaan tersebut apa.

4. Lingkungan kerja yang kamu mau

Disini sang HRD mungkin menggali tentang style kerja kamu. Ingat ya kamu harus bisa menjadi diri sendiri dan jangan terlihat grogi, karena sang HRD akan melihat kamu apakah kamu type bekerja rame-rame atau tim, atau bekerja sendiri saja.

5. Melamar di posisi apa

Ini pertanyaan sebenarnya gampang, tapi sering sekali orang lupa karena gugup. Jadi harus kamu ingat posisi yang kamu melamar di perusahaan tersebut

6. Kenapa resign dari perusahaan sebelumnya

Ini pertanyaan yang mungkin kamu akan terlihat sulit untuk menjawab. Lebih baik anda jujur saja kenapa resign dari perusahaan lama, dan jangan berbohong. Ingat ya tidak boleh menjelekkan perusahaan sebelumnya.

7. Ada melamar kerja di tempat lain

Nah ini juga pertanyaan yang bikin salah tingkah. Jawabannya ya jujur saja, jika ada bilang ada jika tidak katakan tidak. Karena HRD tentunya melihat kejujuran kamu saat interview.

8. Jika diterima apa yang bisa kamu lakukan untuk perusahaan ini

Jika kamu mendapat pertanyaan seperti ini, kamu harus yakin bahwa kamu yakin bekerja maksimal karena skill yang kamu miliki.

9. Minta gaji berapa

Pertanyaan ini pasti ditanya oleh HRD, agar dia tahu dengan skill yang kamu miliki berapa gaji yang akan dikeluarkan untuk kamu.

Inilah pertanyaan yang biasanya muncul saat interview kerja, jadi kamu sudah mempersiapkan diri kamu dengan baik, agar HRD tertarik dan diterima di perusahaan tersebut.