Pengertian Kudeta dan Sejarah Kudeta di Berbagai Negara Dunia

Infonesia.id- Halo apa kabar sahabat semua, semoga kita selalu dalam keadaan sehat. Kali ini kita bakal membahas tentang pengertian kudeta dan sejarah kudeta di berbagai negara di dunia. Yuk dibaca.

Pengertian kudeta

Dalam sistem pemerintahan, pergantian rezim atau kekuasaan adalah hal yang wajar dan dapat dilakukan dengan cara melakukan pemilu, seperti yang dilakukan negara yang menganut demokrasi. Pergantian rezim seperti ini dianggap wajar, dikarenakan masa jabatan presiden yang telah habis. Namun ada juga pergantian rezim dilakukan dengan cara memaksa dan menimbulkan kerusuhan alias kudeta.

Kudeta adalah perebutan kekuasaan pemerintah secara paksa. Biasanya kudeta dilakukan oleh militer seperti yang terjadi di Myanmar ataupun lawan politik yang ingin menjatuhkan penguasa.

Sejarah kudeta di berbagai negara

1. Kudeta Mauritania

Pada tahun 2008, Presiden Mauritania Sidi Muhammad Ould Cheikh Abdallahi pernah dikudeta. Kudeta ini berawal dari pemecatan empat orang pejabat militer. Empat pejabat militer tersebut dicurigai dalang dari krisis politik di Mauritania.

Walau militer melakukan kudeta hingga menguasai jalan dan kantor pusat pemerintahan, namun negara ini tidak mengalami pertumpahan darah. Pada saat peristiwa itu tercatat sebagaian anggota dewan mengundurkan diri.

2.Kudeta Thailand

Krisis politik yang panjang adalah salah satu pemicu terjadinya kudeta di Thailand. Pada tahun 2006 PM Thailand Thaksin Shinawatra tumbang oleh lawan politiknya. Militer Thailand membuat kudeta sebulan sebelum dilaksanakan pemilu.

Bukan hanya Thaksin saja yang tumbang, militer Thailand juga membubarkan parlemen, larangan unjuk rasa, menangkap menteri-menteri, dan siaran tv lokal maupun nasional harus disensor. Pemilu pada tahun itu juga dibatalkan karena kudeta ini.

3. Kudeta Uganda

Presiden Uganda Milton Obote pada tahun 1971, pernah dikudeta oleh militer yang dipimpin Jenderal Idi Amin Dada Oumee. Akibat kudeta ini Uganda yang merupakan negara kecil di Afrika langsung terkenal di dunia.

Idi Amin yang mengambil kekuasaan terkenal karena memimpin secara otoriter, dan sering menghiasi pemberitaan media internasional. Kudeta yang dilakukan oleh Idi Amin merupakan kudeta berdarah karena banyaknya korban jiwa dari kedua kubu. Bahkan Idi Amin memerintahkan untuk membunuh militer yang mendukung presiden sebelumnya.

Namun, kekuasaan yang dilakukan dengan kudeta biasanya tak berlangsung lama, karena Idi Amin juga di kudeta oleh tentara nasionalis yang didukung oleh Tanzania. Idi Amin berhasil melarikan diri dan mendapat suaka di Arab Saudi.

4. Kudeta Sudan

Pemerintahan Sudan yang dipimpin oleh Sadiq Al Mahdi yang terpilih dalam pemilu, juga pernah digulingkan oleh lawan politiknya Omar Hasan Albashir.

Al Bashir berhasil melakukan kudeta, dan membentuk Pasukan Revolusi Penyelamat Bangsa (RCC), dan dirinya sebagai panglima militer tertinggi. Al Bashir juga terkenal dengan tangan besi, contohnya dia menyelesaikan persoalan perang saudara di Sudan dengan kekerasan.

Demikianlah artikel tentang pengertian kudeta dan sejarah kudeta di berbagai negara dunia.