Digidoy Comics Siapkan NFT “Se7en”, Apa Itu?

Infonesia.id- Digidoy Comics asal Medan, Indonesia mempersiapkan satu NFT (Non-Fungible Token) berkode “Se7en”. NFT akan dilelang bulan depan. Sebagian besar dari hasil lelang akan disumbangkan ke sejumlah yayasan sosial di Indonesia.

Digidoy Comics enggan menyia-nyiakan demam NFT yang melanda dunia seni grafis saat ini.

Kapitalisasi pasarnya kini mencapai triliunan rupiah dengan jutaan karya. Itu dipertegas dengan penjualan NFT karya grafis Mike “Beeple” Winkelmann yang laku dijual senilai US$69 juta pada medio Maret 2021 lalu, lewat rumah lelang Christie’s.

Bagi komik digital berpengaruh asal ibukota Sumatera Utara itu, NFT tak hanya dapat memperbaiki kondisi keuangan seniman grafis di Indonesia, di tengah kemerosotan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Potensi lainnya adalah karya seniman digital bisa dijadikan sebagai medium bagi pihak lain yang berkekurangan.

“Terus terang saya baru memantau perkembangan NFT ini sejak akhir Februari 2021. Sejauh ini sangat menjanjikan, karena mampu memberikan tambahan pemasukan kepada seniman grafis di banyak negara. Bahkan NFT dapat dijadikan sebagai medium memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang beruntung,” kata M. Arief Siregar, salah seorang pendiri Digidoy Comics, Selasa (30/3/2021) di Medan.

Arief mengatakan, jikalau NFT perdana mereka ditawar tinggi di OpenSea, ia dan teman-temannya akan menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan kepada sejumlah yayasan sosial di Indonesia.

“NFT kami nanti tak hanya membuktikan konsistensi kami dalam berkarya sejak tahun 2014 silam. NFT gaya baru sepatutnya punya nilai sosial, tidak hanya seniman yang diuntungkan, karena kami tumbuh seperti ini karena masyarakat juga,” tegas Arief. (ram/infonesia)