Apa itu Autoimun? Yuk Kenali Faktor dan Gejalanya

Infonesia.id- Penyakit autoimun adalah penyakit yang di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat di dalam tubuh. Untuk informasi, sistem kekebalan tubuh berguna melindungi tubuh untuk menghadang penyakit dan sel jahat.

Para ahli hingga saat ini masih belum menemukan penyebab pasti penyakit autoimun ini. Berikut ini faktor yang memicu terjadinya autoimun.

1. Lingkungan

Pola makan yang tidak sehat merupakan faktor lingkungan yang bisa memicu autoimun. Faktor lingkungan yang lain adalah paparan zat tertentu seperti merkuri, asbes, emas dan perak.

2. Genetik

Genetik atau sering disebut keturunan adalah faktor utama yang menyebabkan autoimun walaupun ada faktor lain yang menyebabkan resiko autoimun.

3. Infeksi

Infeksi sangat wajar menjadi faktor datangnya autoimun, karena penyakit lain yang datang biasanya terjadi karena infeksi.

4. Perubahan hormon

autoimun biasanya menyerang ibu pasca melahirkan. Hal ini karena perubahan hormon setelah melahirkan.

Gejala penyakit autoimun

Penyakit autoimun terdapat lebih dari 80 penyakit, dan sebagian besar memiliki gejala yang sama. Berikut gejala terjadinya penyakit autoimun.

1. Nyeri di seluruh tubuh seperti ditusuk-tusuk
2. Demam ringan
3. Sering terkena sariawan
4. Fatigue atau rasa lelah yang tak kunjung selesai
5. Rambut rontok
6. Brain fog atau dalam waktu sesaat orang terkena kehilangan memori dan konsentrasi.

Gejala yang timbul ini bisa ditekan agar tidak timbul flare dan banyak penyakit autoimun bisa disembuhkan. Untuk cara pengobatannya tergantung jenis penyakitnya, gejalanya, dan tingkat keparahannya.

Jika anda sudah mengalami gejala seperti di atas, disarankan anda berkonsultasi ke dokter. Hal ini dilakukan, agar penanganan dan cara pengobatannya bisa diketahui.