Mengenal Sejarah Bika Ambon, Kue Khas Kota Medan

Infonesia.id- Jika anda berkunjung ke Medan, belum resmi rasanya jika tidak mencicipi kelezatan kue khas Kota Medan ini yakni bika ambon. Kota Medan memang terkenal dengan kulinernya yang khas, salah satunya adalah bika ambon.

Kue yang kebanyakan berwarna kuning ini memiliki cita rasa yang kenyal, manis, gurih dan legit. Namun tahukah anda sejarah dari terciptanya nama bika ambon? Infonesia telah merangkumnya dari berbagai sumber untuk anda. Yuk disimak.

Mendengar bika ambon banyak yang bertanya apakah kue ini berasal dari Ambon? Dalam kenyataannya, kue ini adalah khas Kota Medan. Melansir dari channel Youtube Pemko Medan, bika ambon pertama kali dijual di simpang Jalan Ambon Medan. Disitulah bika ambon menjadi populer hingga menjadi makanan khas dan ole-ole jika berkunjung ke Medan.

Namun ada juga sumber lain yang mengatakan, bahwa bika ambon pertama kali dikenalkan oleh orang Ambon yang pergi ke Malaysia dan pulang ke Indonesia membawa kue bika. Saat singgah di Medan, dirinya baru mengetahui kalau kue bika ini rasanya enak dan akhirnya memutuskan menetap di Medan.

Karena rasanya yang enak, bika ambon yang telah populer sejak 40 tahun yang lalu, membuat pendatang yang berkunjung ke Medan menjadi bika Ambon sebagai ole-ole.

Harga bika ambon saat ini bervariasi tergantung ukuran. Biasanya bika ambon dijual dikisaran Rp 50-80 ribu. Sudah tahukan sejarah singkat tentang bika ambon. Bagi yang belum pernah mencicipi bika Ambon, datang aja ke Medan dan nikmati sensasi rasanya di lidah.