Mengapa dapat terjadi perbedaan waktu antara satu tempat dengan tempat lainnya di bumi?

Perbedaan waktu dapat terjadi karena adanya perbedaan koordinat geografis di Bumi dan juga adanya standar waktu yang berbeda di setiap negara. Selain itu, ada juga perbedaan waktu antara musim panas dan musim dingin (daylight saving time) di beberapa negara.

GMT (Greenwich Mean Time) adalah standar waktu yang digunakan sebagai acuan oleh sebagian besar negara di dunia. Ini adalah waktu rata-rata yang diambil dari titik koordinat 0 derajat longitude yang melewati Royal Observatory di Greenwich, London, Inggris.

Negara atau wilayah yang berada di sebelah barat dari Greenwich akan memiliki waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan waktu GMT, sedangkan negara yang berada di sebelah timur Greenwich akan memiliki waktu yang lebih lambat dibandingkan dengan waktu GMT.

Contohnya, jika saat ini pukul 09.00 di Jakarta, maka pukul 03.00 GMT. Karena Jakarta berada di koordinat 107 derajat timur, jadi perbedaan waktu antara Jakarta dan Greenwich adalah 7 jam. Namun, beberapa negara di wilayah timur Indonesia seperti Jayapura, Papua berbeda waktu dengan Jakarta sekitar 1-2 jam lebih cepat dari waktu GMT.

Pembagian zona waktu di Indonesia

Indonesia terbagi atas tiga zona waktu yaitu:

  • Waktu Indonesia Barat atau WIB yang mencakup beberapa wilayah seperti Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah (UTC+07:00).
  • Waktu Indonesia Tengah atau WITA yang mencakup beberapa wilayah seperti Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, dan Nusa Tenggara (UTC+08:00).
  • Waktu Indonesia Timur atau WIT yang mencakup wilayah Kepulauan Maluku, Papua, dan negara pengguna tak resmi Timor Leste (UTC+09:00).

Pembagian tiga zona waktu dengan wilayah-wilayah tersebut mulai berlaku sejak 1 Januari 1988 berdasarkan Keputusan Presiden No. 41 tahun 1987.

Perbedaan antara UTC dan GMT

UTC (Coordinated Universal Time) adalah standar waktu yang digunakan secara internasional dan merupakan standar waktu atom yang digunakan sebagai acuan oleh sebagian besar negara di dunia. Sementara GMT (Greenwich Mean Time) adalah standar waktu yang diambil dari titik koordinat 0 derajat longitude yang melewati Royal Observatory di Greenwich, London, Inggris.

UTC dan GMT memiliki perbedaan yang sangat kecil, bahkan hampir tidak terlihat. Namun, GMT merupakan standar waktu yang lebih lama dan digunakan sebelum adanya standar waktu atom. UTC adalah evolusi dari GMT, yang digunakan sebagai standar waktu atom yang lebih akurat.

UTC diperbarui secara berkala untuk menyesuaikan dengan perubahan waktu yang ditentukan oleh pergerakan bumi, sementara GMT tidak diperbarui dan selalu sama dengan waktu rata-rata yang diambil dari titik koordinat Greenwich. Oleh karena itu UTC dipakai sebagai acuan standar waktu di dunia, sementara GMT lebih banyak digunakan dalam sejarah atau konteks tertentu.