Apa itu oligarki dan contoh negara-negara oligarki di dunia

Oligarki adalah sistem politik di mana sekelompok orang atau kelompok kekuasaan yang kecil memegang kendali atas pemerintahan atau ekonomi suatu negara. Contoh oligarki dapat dilihat dalam beberapa sistem politik di seluruh dunia, termasuk:

  1. Rusia: Pemerintahan Presiden Vladimir Putin telah disebut-sebut sebagai oligarki karena kelompok kekuasaan yang kecil, termasuk para pengusaha dan pejabat tinggi, tampaknya memegang kendali yang besar atas pemerintahan dan ekonomi Rusia.
  2. China: Partai Komunis China memegang kekuasaan yang sangat kuat di negara tersebut, dan hanya segelintir orang di pucuk pimpinan partai yang memegang kendali atas kebijakan dan pemerintahan.
  3. Amerika Serikat: Beberapa orang mengatakan bahwa sistem politik Amerika Serikat juga dapat dikategorikan sebagai oligarki karena kelompok kekuasaan yang kecil, termasuk para donor kampanye dan lobi, memiliki pengaruh yang sangat besar atas kebijakan pemerintah.
  4. Kepulauan Kepulauan Marshall: Di Kepulauan Kepulauan Marshall, sekelompok keluarga kaya dan berpengaruh memegang kendali atas ekonomi dan politik negara tersebut.
  5. Kazakhstan: Sistem politik Kazakhstan juga telah disebut-sebut sebagai oligarki karena segelintir pengusaha dan pejabat tinggi yang dekat dengan Presiden Nursultan Nazarbayev memegang kendali yang besar atas pemerintahan dan ekonomi negara tersebut.